Anda pernah menjumpai fenomena, saat jam makan siang ada karyawan tetap duduk menghadap tumpukan pekerjaan. Atau saat mendekati jam pulang kantor, banyak karyawan yang berkumpul dan berbagi makanan sambil membagikan cerita, sementara di sudut ruangan ada yang terus sibuk dengan telepon selularnya. Atau saat merencanakan liburan untuk seluruh karyawan, ada yang tidak pernah mau bergabung dengan bermacam alasan?
Sekilas mungkin tampak sebagai pekerja keras yang tidak dapat diganggu dengan hal-hal yang sifatnya hiburan. Tetapi perlu Anda ketahui bahwa, banyak orang sukses di dunia ini bukan karena mereka mengurangi saat-saat untuk santai dan berlibur, justru mereka mampu menyeimbangkan pekerjaan dan hiburan.
Bagaimana mereka tetap menjadi orang yang produktif? Yahoo! Shine membagikannya untuk Anda.
1. Mereka mengambil waktu untuk beristirahat. Pekerjaan yang digeluti mungkin menuntut Anda untuk tetap bekerja dengan maksimal dalam waktu yang tidak banyak. Tetapi bekerja tanpa ada jedah waktu akan membuat pikiran Anda tegang dan tubuh Anda lelah. Akibatnya, jam-jam berikutnya Anda tidak maksimal. Karena itu, ambil waktu beristirahat sejenak, menenangkan pikiran dan tubuh, Anda akan kembali bekerja dengan tubuh yang bugar dan pikiran yang fresh.
2. Mereka mengawali hari dengan cara yang tepat. Kadangkala situasi di rumah yang penuh dengan masalah terbawa hingga ke kantor. Ingatlah bahwa tidak ada yang menyenangkan Anda kecuali Anda sendiri. Buatlah suatu cara yang menyegarkan hari Anda. Misalnya, sebelum bekerja, ambil waktu untuk ngobrol di cafetaria sambil menikmati kopi bersama teman-teman, atau memasuki ruangan dengan memberikan ucapan selamat pagi, atau memberikan pujian terhadap karyawan yang penampilannya berbeda hari itu.
3. Tidak asal-asalan menyusun menu makan. Pola makan pagi, siang, malam perlu disusun secara teratur. Baik itu makanan inti, snack, minuman hangat. Jangan sampai pilihan menu mengganggu pola kerja Anda. Misalkan, makan snack saat pagi hari akan membuat Anda cepat lapar pada jam-jam produktif, sehingga pekerjaan Anda terhenti. Atau mungkin minum kopi di malam hari, sehingga Anda tidak mengantuk saat Anda perlu tidur.
4. Menyusun to-do list yang sifatnya fleksibel. Seseorang memang perlu menyusun to-do list untuk memfokuskan kegiatan sehari-harinya, tetapi jika keadaan saat itu tidak memungkinkan untuk menjalankannya sesuai list yang dibuat, Anda bisa mengubahnya menemukan cara yang lebih memungkinkan untuk dilakukan saat itu, asal tujuan tetap terpenuhi.
5. Menggunakan fasilitas teknologi secara berkala. Anda bisa memanfaatkan teknologi yang ada untuk memperoleh informasi sebanyak-banyaknya.
6. Menjaga keseimbangan pekerjaan. Pasti Anda memiliki pekerjaan ringan dan pekerjaan berat yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Dengan menyelesaikan pekerjaan yang rutin dulu atau yang berat dulu akan memusingkan Anda. Lebih baik, jika Anda membaginya dengan rata. Di sela-sela pekerjaan berat, sisipkan pekerjaan ringan, gunanya supaya otak Anda bisa beristirahat sejenak meskipun belum jam istirahat.
7. Buatlah target pada setiap pekerjaan. Biasakan diri untuk menyelesaikan pekerjaan dengan cara yang ideal untuk mencapai target yang sempurna.
8. Katakan “tidak” jika diperlukan. Tidak ada pekerja yang bisa menyelesaikan semua pekerjaan dalam sekejap. Jadi jika Anda merasa tidak ada waktu yang tersisa untuk menambahkan pekerjaan baru, katakan “tidak” pada atasan Anda. Hal ini bukan berarti Anda tidak mau mengerjakan pekerjaan baru, tetapi supaya pekerjaan yang sedang Anda kerjakan dapat dikerjakan secara maksimal.
Tidak sulit untuk menjadi pribadi yang produktif di suasana kerja. Hanya dengan menerapkan poin-poin di atas. Selamat mencoba. (*)