Jika mesin pencari seperti Google dan lainnya tidak memuaskan Anda mencari jasa yang dibutuhkan, kini mulai hadir layanan yang memberikan pilihan di sektor ini. Carijasa, namanya. Perusahaan ini berdiri sebagai hasil impian Ravi Melwani dan Mizno Kruge.
Di era serba canggih saat ini, banyak bisnis yang semakin berkembang karena tersedianya teknologi pendukung. Salah satu yang lagi tren adalah sosial media marketing. Era ini melahirkan booming e-commerce berhasil memikat hati masyarakat. Aneka ragam bisnis dan kreativitas baru bermunculan memanfaatkan demam online society. Mulai jasa ojek, jasa kurir, hingga penjualan beragam barang. Semuanya memanfaatkan jaringan internet untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Hampir semua jenis barang dan layanan bisa Anda temukan di internet.
Carijasa adalah perusahaan yang digagas Ravi Melwani dan Mizno Kruge. Ravi misalnya, memiliki pengalaman luas dalam industri waralaba, branding, strategi pemasaran, dan pengembangan bisnis. Sementara Mizno adalah praktisi teknis yang telah memiliki pengalaman bekerja sebagai lead developer, developer full stack, dan Chief Architect di perusahaan startup dan korporasi besar sebelum mencoba merintis startup sendiri.
Saat ini Carijasa mempunyai lebih dari 2500 penyedia jasa. Mencakup fotografer/videografer, perusahaan katering, wedding organizer, servis komputer, interior design, konsultan pajak, dan lainnya. Pengguna aktif Carijasa sudah mencapai 1000 klien dengan lebih dari 10 transaksi per hari.
Cara kerja di Carijasa terbilang mudah. Anda yang hendak mencari layanan, tinggal menuliskan kebutuhannya di kolom formulir. Platform kemudian akan mencarikan penyedia jasa yang sesuai. Nantinya penyedia jasa tersebut bakal mengirimkan lembar quotation. Proses transaksi akan dilanjutkan secara offline.
Meskipun saat ini layanan serupa sudah banyak ditawarkan di Indonesia, namun Carijasa mengklaim layanan yang ditawarkan berbeda dan tentunya mempunya kelebihan. Bukan hanya pada strategi pemasaran namun juga kepada produknya.
Dari sisi klien, Carijasa memiliki perbedaan dengan memberi peluang kepada pengguna untuk melakukan negosiasi harga dengan penyedia jasa melalui fitur nego. Selain itu mereka menyediakan layanan messaging yang bisa dimanfaatkan untuk berkomunikasi dengan penyedia jasa.
Operasional Carijasa hingga saat ini masih didanai secara bootstrapping. Mereka pun masih memanfaatkan area co-working space untuk bekerja. Ravi menegaskan saat ini tengah dijajaki bantuan dari beberapa investor dan VC untuk pendanaan Carijasa.
Saat ini Carijasa bisa diakses melalui situs di desktop dan mobile. Di tahun 2016 mendatang, Carijasa segera meluncurkan aplikasi di platform Android dan iOS. Mereka juga berencana akan berekspansi ke kota-kota besar lainnya di Indonesia.
Dalam perkembangannya, sebuah bisnis selalu mengaitkan sosial media sebagai salah satu alat paling efektif untuk berpromosi. Banyangkan saja, jika bisnis yang kita jalankan tanpa dukungan dari media sosial, pastinya marketing atau pemasaran tidak dapat berjalan dengan efektif dan sempurna.
Pengalaman pribadi Ravi Melwani yang kurang mengenakkan ketika mencari jasa renovasi rumah menjadi titik kelahiran Carijasa.co.id. Menurutnya, ketika pulang studi dari Australia, dia berniat merenovasi rumah. Tapi, kesulitan mencari penyedia jasa renovasi yang tepat dan tepercaya. Dia malah mendapat pengalaman buruk. Sekalipun telah mengeluarkan uang muka, namun tidak jelas.
Dari hasil survei itu, mereka menemukan, banyak orang kesulitan mencari jasa tepercaya untuk beragam kebutuhan. Kebanyakan orang mendapatkan layanan jasa, seperti renovasi rumah, adalah atas rekomendasi teman ke teman. Dari sinilah, embrio kelahiran Carijasa Solutions mulai dimatangkan sekitar 2013-2014.
Pada tahap awal kelahiran Carijasa, Ravi merogoh modal dari kantong pribadi Rp 500 juta. Modal itu untuk membangun sistem marketplace jasa, mulai dari desain, proses database para penyedia jasa, dan lain-lain.
Modal awal juga mereka gunakan merekrut sumber daya manusia untuk membantu mengembangkan Carijasa. Sekitar Mei 2015, Carijasa.co.id resmi meluncur. Hampir setahun kemudian, Carijasa.co.id telah menjadi marketplace jasa dengan ragam tawaran jasa paling banyak. Sejauh ini sudah ada 6.000 penyedia jasa yang bergabung di Carijasa.co.id.
Setiap usaha jasa di situs akan tampil lengkap dengan referensi, proyek-proyek yang pernah mereka kerjakan, berikut review dari pemakai jasa terdahulu juga harga jasa yang ditawarkan. Customer juga bisa mencari jenis jasa yang mereka butuhkan dengan mengisi detail kebutuhan. Sistem Carijasa akan menampilkan pilihan-pilihan penyedia jasa yang sesuai kriteria.
Tentunya, Carijasa bukan pemain tunggal yang menggarap potensi marketplace jasa. Ada pula Sejasa.com yang mengusung konsep tidak jauh berbeda. Sejasa.com didirikan oleh Anthony Eka Wijaya dan Firman Ghazali. Sejauh ini, Sejasa.com menyediakan pilihan layanan jasa mulai dari kontraktor renovasi, desain interior, pertukangan, wedding planner hingga custom cake designer.
Pelanggan cukup memesan jasa yang dibutuhkan lewat web browser atau aplikasi di ponsel berbasis Android. Penyedia jasa akan datang menyelesaikan kebutuhan Anda. Tarif jasa yang dikenakan beragam. Untuk layanan laundry, tarif dipukul rata Rp30.000 per keranjang berisi 7 kilogram-8 kilogram pakaian. Adapun layanan bersih-bersih rumah, tarifnya sekitar Rp60.000 per jam. Sedang jasa servis AC, estimasi tarif mulai Rp70.000 untuk jasa cuci mesin penyejuk udara. (konol)