
Makassar, Inspirasimakassar,com:
Pemerintah terus mengupayakan pencapain Cakupan Kesehatan Semesta atau Universal Health Coverage (UHC). Cakupan kesehatan semesta ini menjamin seluruh masyarakat yang memiliki akses untuk kebutuhan pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif yang berkualitas dan efektif.
Dalam rangka percepatan UHC ini, maka Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS) Kesehatan Cabang Makassar, mengoptimalkan pelayanan dan perluasan pendaftaran bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional dan Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Caranya, menghadirkan Mobile Customer Service (MCS)— pelayanan jemput bola dari BPJS Kesehatan, dengan cara menyambangi langsung peserta di Kantor Dinas Sosial Kota Makassar.
Program MCS ini bertujuan, mempermudah masyarakat, beserta keluarganya mendaftarkan diri,sebagai peserta program JKN-KIS. Selain itu, program ini juga tidak sekadar menyasar pendaftaran peserta baru, tetapi dapat melayani perubahan data peserta, pencetakan Kartu JKN-KIS, pemberian informasi, penanganan pengaduan, serta registrasi Mobile JKN.
Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Makassar, Florinsye Tamonob mengemukakan, kegiatan MCS di Kantor Dinas Sosial Kota Makassar merupakan adalah inovasi dari BPJS Kesehatan untuk mempermudah peserta mengakses pelayanan, maupun informasi, tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan.
Menurutnya, program MCS ini selain sebagai upaya mengurai antrian, serta memberikan pelayanan cepat, sehingga sangat berarti, utamanya di era new normal ini. Sekaligus, memenuhi kebutuhan peserta, khususnya dari segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI), serta langsung melakukan perubahan data, ataupun penambahan anggota keluarga.
“Kegiatan MCS ini setidaknya dilakukan dua kali seminggu di Kantor Dinas Sosial. Dan akan berpindah-pindah lokasi untuk menyasar peserta yang kesulitan mendaftarkan diri, dan keluarganya, maupun untuk mendapatkan informasi program JKN-KIS. Oleh karena itu, setiap minggunya, satu petugas kami akan bertugas khusus di pelayanan MCS ini,” tambah Florinsye, Rabu, 16 Juni 2021.
Sejak pertama kali dilaksanakan, apresiasi masyarakat sangat tinggi. Terutama, bagi mereka yang tidak sempat datang ke kantor BPJS Kesehatan, karena kesibukan masing-masing. Terlebih untuk kondisi pandemik covid-19 ini, banyak masyarakat yang kesulitan dalam mengakses aplikasi kepesertaan sangat terbantu dengan hadirnya pelayanan MCS BPJS Kesehatan ini.
“Setelah kami koordinasi dengan BPJS Kesehatan, ada informasi terkait MCS yang memberi layanan untuk menghemat waktu dan biaya. Untuk itu, kami meminta agar MCS dihadirkan di Kantor Dinas Sosial Kota Makassar. Dimana dengan kehadirannya di sini, kami sangat terbantu, terutama dalam proses administrasi data kependudukan peserta JKN-KIS,” tutur Kepala Seksi Jaminan Sosial Dinas Sosial Kota Makassar, La Heru.
Apabila membutuhkan bantuan, serta informasi, kata La Heru, langsung dilayani oleh kehadiran MCS ini. “Kami sangat mengapresiasi BPJS Kesehatan dalam memberikan dukungannya dikala pandemik ini menghadirkan layanan untuk memudahkan masyarakat mengakses pelayanan kesehatannya,” jelasnya.
Sebelumnya, demikian La Heru, dirinya pernah beberapa kali melihat mobil MCS BPJS Kesehatan di beberapa lokasi di Kota Makassar. Tapi baru kali ini dihadirkan langsung di Kantor Dinas Sosial Kota Makassar, sehingga masyarakat yang ingin merubah fasilitas kesehatan ternyata bisa dilakukan di MCS ini.
“Menariknya lagi, petugas juga menyosialisasikan tentang Mobile JKN kepada masyarakat yang datang dan dapat langsung mendownloadnya. Ternyata, untuk mengganti fasilitas kesehatan dan mengakses beberapa fitur pelayanan bisa langsung akses di HP saja. Sungguh inovasi yang sangat bagus dari BPJS Kesehatan, sangat membantu bagi peserta,” tutup La Heru. (Tiara—humas BPJS Kota Makassar)