Pamboang, Inspirasimakassar.com: Begitu banyak guru di Indonesia telah mendapatkan sertifikat sertifikasi. Dengan demikian, secara tidak langsung, sertifikat tersebut menyatakan bahwa, seorang guru layak disebut sebagai tenaga pendidik yang profesional. Guru yang profesional dan kompeten, tentunya menerapkan standar-standar kompetensi guru di setiap bertugas. Salah satunya di Pamboang.
Sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi guru Provinsi Sulawesi Barat, atau Sulbar tersebut, maka Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Makassar (UNM), khususnya Fakultas Teknik, Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) melakukan pengabdian kepada masyarakat.
Judul sentral yang diangkat adalah “Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada Guru di Pamboang Sulawesi Barat.
Tim pelaksana kegiatan terdiri dari, Dr. Syamsidah, M.Pd, Dra. Ratnawati, M.Hum, dan Besse Qurani, S.Pd., M.Pd itu, menghasilkan luaran pengabdian, berupa proposal penelitian tindakan kelas.
Ketua Pengabdi, bersama Kordinator Lokasi PPM terpadu Kelurahan Lalampanua, Dr. Suryadarma, M.kes , mengemukakan, dipilihnya judul tersebut karena banyaknya permintaan dari para guru terkait pelatihan penyusunan penelitian tindakan kelas. “Makanya, kompetensi ini sangat berkaitan dengan kenaikan pangkat dari guru,” ujarnya, Ahad, 4 Juni 2023
Ketua LP2M UNM, Prof. Dr. Ir. H. Bakhrani A. Rauf, M.T, IPU, Asean Eng, mengemukakan, kegiatan yang dilakukan sangat bermanfaat dalam mengembangkan dan meningkatkan kompetensi guru, serta masyarakat lainnya yang mengikuti PPM terpadu ini.
“Saya melihat peserta pelatihan sangat antusias dalam melaksanakan kegiatan pelatihan penulisan proposal penelitian tindakan kelas. Bahkan salah satu peserta, Prasanti, mengatakan agar pelatihan semacam ini berkelanjutan demi peningkatan kompetensi guru,”katanya.
Seperti diketahui, terkait dengan kompetensi guru, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen menyatakan bahwa kompetensi adalah seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh guru atau dosen dalam melaksanakan tugas keprofesionalan. (Wahyudin)